Gerakan Ciliwung Bersih mengajak masyarakat untuk mengubah sampah menjadi energi rakyat

Reporter Tribunnews.com Jakarta Eko Sutriyanto melaporkan-Ketua Panitia Pelaksana Gerakan Punggungan Bersih (GCB) Peni Susanti mengatakan di banyak daerah, kapasitas tempat pengelolaan sampah akhir (TPA) kini semakin penting.

Banyak TPA yang pernah mengalami bencana, seperti TPA Cipeuncang pada awal tahun 2020, longsor di Tangerang Selatan dan kebakaran TPA di Putri Cempo di Solo pada akhir tahun 2019. Bahkan tidak jarang sampah menjadi sampah. “Mereka dibuang ke sungai / sungai sehingga menimbulkan pencemaran, terutama di sektor hilir,” kata Peni. “GCB melalui acara peluncuran TOSS Safari (tempat pembuangan limbah sumber),” kata GCB. TOSS yang digagas Djatnika Sunda Djaja membantu masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan bekerjasama untuk melaksanakan pengolahan sampah di sumbernya ”. zoom, Selasa (1/9/2020).

Baca: Nasib 15,9 Ton Beras dan Gabah Tak Layak di TPA Pelaihari Kalsel

Safari TOSS digagas Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) dan bekerjasama PT PLN (Persero), PT Indonesia Power, dan start up company PT Indofood Sukses Makmur Tbk cometoarra.com meluncurkan edukasi pengelolaan sampah kepada masyarakat dengan Safari TOSS “Journey to the East” (JTE), 1-20 September 2020 .

Dalam rangkaian walking tour kali ini, GCB dan Cometoarra akan mengunjungi 15 lokasi di Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan Kalimantan untuk melaksanakan TOSS (Tempat Pembuangan Sampah di Sumber) untuk mencakup Acara, seminar dan pelatihan.

Adanya kegiatan yang mendukung hub dan pemerintah daerah menggerakkan masyarakat Indonesia untuk mengolah sampah dari sumbernya dan memanfaatkan produk yang diubah menjadi energi rakyat.

TOSS sendiri merupakan metode pengelolaan sampah dan pembuangan sumber daya masyarakat, hal ini merubah paradigma klasifikasi. Setelah sampah diolah, baru disortir.

Akibat metode peuyeumisasi (pengeringan hayati) maka bau tidak sedap pada sampah akan hilang dan mengering dalam 3 sampai 7 hari (tergantung sampahnya).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *