Forkom KBI memulai renovasi rumah Bung Hatta di Jalan Diponegoro, Jakarta

Jakarta TRIBUNNEWS.COM-Forum Koperasi Streaming Sosial Besar Indonesia (Forkom KBI) mulai merenovasi kediaman Bung Hatta di Jl Diponegoro 57, Jakarta Pusat.

Koperasi Indonesia sudah berdiri di sini sejak tahun 1943. Situasi saat ini mengkhawatirkan, seiring bertambahnya usia, banyak tiang telepon dan bangunan mulai melemah.

Ketua Pusat Koperasi Ibukota Indonesia tersentuh dengan kondisi rumah bersejarah di jalan utama ibu kota, Jakarta Hasanuddin Bsy mewakili DKI dan Sekjen Forkom KBI Iryad Muchtar mengajak rekan-rekan koperasi anggota KBI Forkom untuk menggalang dana untuk renovasi gedung Indische. Rumah bergaya hingga 825 juta rupiah pun terkumpul. Akibat pandemi Covid-19, rencana renovasi rumah memang tertunda.

“Renovasi rumah Bung Hatta mencerminkan rasa terima kasih kami kepada Bung Hatta. Ia bukan hanya seorang tokoh sejarah, tetapi ia juga mewarisi warisan tersebut. Hasanuddin menyerahkan kepada keluarga almarhum Batta Hatta Saat perbaikan bantuan, pada Sabtu (20/6/2020) di rumah Bung Hatta di Jl Diponegoro 57, Jakarta Pusat, ilmu tentang kerjasama diperkenalkan kepada anak-anak tanah air. Rumah Bung Hatta akan membutuhkan biaya yang relatif mahal. Selain itu, Lokasinya di jalan raya, dan ada perkantoran serta kediaman kedutaan asing dimana-mana.

“Dana ini baru permulaan saja, dan tentunya ada bagian lain yang perlu dipindahkan untuk memenuhi kebutuhan tokoh nasional kesayangan kita. Hasanuddin menjelaskan. -Irsyad Muchtar menambahkan, jika kondisi ibu kota dalam keadaan normal sesuai dengan ketentuan restriksi sosial skala besar (PSBB), maka rencana renovasi diharapkan bisa dimulai pada awal Juli.

Putri sulung Bung Hatta, Profesor DR Mutia Hatta, didampingi suaminya, Profesor DR Sri Edi Swasono, dan dua putri Bung Hatta lainnya, Gemala Hatta dan Halida Hatta, semuanya menyambut baik aspirasi koperasi tersebut. Dalam sambutannya, Mutia Hatta terharu karena koperasi-koperasi itulah yang tergerak dan ingin merenovasi rumah bersejarah Bung Hatta ini. Mutia Hatta mengatakan: “Selama ini kami belum merenovasi rumah ini. Kalau lihat ke atas mulai bocor, kabelnya sudah sangat tua, dan gentengnya rusak.” -Rumah Bung Hatta sudah dibangun sejak tahun 1930 63 tahun sejarah. Ini pertama kali direnovasi pada tahun 1957 oleh seorang ahli beton. Rumah itu berukuran sekitar 1000 meter dan terbagi menjadi dua lantai. Rumah itu memiliki tiga sekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *