BUMN Creative, landasan peluncuran UMKM untuk mendunia

Penulis: Loto Srinaita Ginting

TRIBUNNEWS.COM-Kementerian BUMN lebih memperhatikan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menyumbang 60,3 persen dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia. — Saat ini jumlah UMKM yang terdaftar adalah 64,2 juta yang mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan 99% dari total lapangan kerja. — Sebelum merebaknya pandemi Covid-19, Kementerian BUMN telah mendaftarkan UMKM sebagai rencana penting. Terus berpartisipasi dalam mengembangkan inisiatif.

Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN. Undang-undang tersebut menegaskan bahwa salah satu maksud dan tujuan didirikannya BUMN adalah ikut aktif membimbing pelaksanaan prakarsa Departemen BUMN yaitu Rumah Inovasi BUMN (RKB) ), bertujuan untuk meningkatkan taraf dan kualitas UMKM. Departemen membentuk ekosistem ekonomi digital. Royal Bank bertujuan meningkatkan kelas ekonomi peserta UKM melalui bimbingan dan pembelajaran bersama. Pertama, menyediakan website https://rkb.id yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi serta pusat pendidikan, pengembangan, dan digitalisasi UMKM RKB di seluruh Indonesia.

Situs web ini dioperasikan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. Kedua, menyediakan fisik bangunan RKB yang dikelola oleh masing-masing emiten pendiri, dan melaporkan perkembangan setiap RKB melalui website.

Baca: Pelanggan PLN dengan tagihan meroket dapat membayar tagihan listrik

Menurut Perkins dan Zimmerman, “Teori Pemberdayaan” yang diusulkan pada tahun 1995, diyakini bahwa orientasi nilai pemberdayaan akan mengarah pada realisasi tujuan, sasaran dan strategi perubahan . Oleh karena itu, RKB yang dikembangkan BUMN memungkinkan UMKM untuk beradaptasi dan bertransformasi sesuai dengan kebutuhan waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *