Aroma NKK / BKK kembali ke era Jokowi

Penulis: Dr Tengku Murphi Nusmir SH MH

TRIBUNNEWS.COM- kita ingat NKK / BKK itu?

Ya, Standar Kehidupan Kampus / Panitia Koordinasi Kemahasiswaan, atau disingkat NKK / BKK, adalah susunan organisasi kemahasiswaan yang menyangkut bagaimana menghapuskan organisasi kemahasiswaan yang lama dalam bentuk serikat mahasiswa dan menggantinya dengan format yang baru.

NKK / BKK adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1977-1978, ketika Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menginstruksikan Daoed Joesoef untuk mendobrak pergerakan mahasiswa yang berskala besar saat itu.

NKK / BKK bertujuan untuk membatasi kegiatan politik mahasiswa bahkan melarang mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan politik di kampus.

Salah satu syarat gerakan reformasi yang digalakkan mahasiswa tahun 1998 adalah menghapus NKK / BKK dan efektif.

Baca: Horor Diskusi UGM, Dr. Mahfud: Setelah Ditelusuri, Tidak Dibatalkan oleh UGM atau Polisi

NKK / BKK Sudah Dihapus.

Tapi Sekarang Di era Presiden Joko Widodo (Joko Widodo), meski muncul dalam bentuk lain, bau NKK / BKK seolah kembali muncul – Karena tudingan dari Yogyakarta, hasil diskusi virtual Universitas Gadjah Mada (UGM) batal. Intimidasi dan teror.

Ya, pembahasan yang digagas Masyarakat Hukum Tata Negara (CLS) atau Fakultas Hukum UGM di lingkungan hukum administrasi nasional, Jumat (29/5/2020), dibatalkan karena intimidasi, bahkan serangan teroris terhadap pembicara, media, dan diskusi. Kontak dan Ketua CLS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *