Pancasila adalah jiwa personel TNI, mulai dari prajurit hingga purnawirawan

Disediakan oleh: Marsekal TNI (Purn.) Agus Supriatna

TRIBUNNEWS.COM-HUT ke-75 berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI) (HUT) pada 5 Oktober 2020, merupakan cerminan apakah hal tersebut disebutkan dalam Penisira Sumpah prajurit waktu terbaik Pancasila dan Sapta Marga memang telah menjadi tumpuan utama kehidupan berbangsa dan bernegara masing-masing anggota TNI?

Setiap prajurit TNI wajib memenuhi sumpah prajurit dan Sapta Marga dalam segala emosi dan tingkah laku sehari-hari, termasuk Pancasila sebagai pedoman utama dalam memajukan kesadaran nasional setiap prajurit TNI.

Selain itu, setiap prajurit TNI harus memainkan peran sentral dalam menjaga dan memelihara ideologi nasional Pancasila dari ancaman eksternal dan internal, penyerangan dan campur tangan. Pedalaman negara. Secara tidak langsung juga melindungi bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan bangsa yang bersatu.

Saat ini, kemajuan teknologi yang sangat pesat dan dinamis di segala aspek niscaya akan diiringi dengan perubahan perilaku masyarakat Indonesia.

Ini pasti akan mempengaruhi persepsi masyarakat tentang Pancasila.

Baca: HUT TNI ke 75, Mabes TNI Salurkan 1.000 Darah dan 10.000 Bungkus Sembako

Oleh karena itu, Pancasila perlu direvitalisasi untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini. -Revitalisasi Pancasila bukan untuk mengubah nilai-nilai luhur Pancasila, tetapi untuk membentuk visi baru agar nilai-nilai luhur Pancasila dapat diterima oleh setiap anak bangsa. -Dalam proses revitalisasi Pancasila ini, TNI harus berperan aktif dan terus memastikan agar Pancasila menjadi gaya hidup dan kepercayaan bersama bangsa Indonesia sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *