Mengukur kinerja subsektor peternakan dan kesejahteraan peternak selama pandemi Covid-19

Pencipta: DR. Rustam (USA), Master *) – Belum lama ini BPS merilis tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I tahun 2020 (year-on-year) mengalami perlambatan (2,97%) dan cukup dalam. Kontraksi tersebut berlangsung hingga kuartal kedua (tahun) tahun 2020. Pasca pandemi Covid-19, Indonesia berada di ambang resesi. Indonesia akan mengalami resesi ketika memberikan pengarahan kepada gubernur melalui telekonferensi di Istana Kepresidenan Bogor. Diperkirakan antara -2,9% dan -1,0%.

Jelas bahwa pandemi Covid-19 telah berdampak serius pada perekonomian semua negara di dunia. – Faktanya, berbagai laporan menunjukkan tanda-tanda resesi ekonomi di beberapa negara dengan pertumbuhan ekonomi yang menyusut.

Pada triwulan ketiga tahun 2020, perekonomian beberapa mitra dagang Indonesia semakin berkontraksi, namun tingkat kontraksi tersebut lebih kecil dibandingkan dengan triwulan kedua tahun 2020-II. Amerika Serikat mengalami kontraksi sebesar 9,0% pada kuartal kedua tahun 2020 dan hanya 7,0% pada kuartal ketiga tahun 2020. Hal yang sama terjadi di Korea Selatan pada periode yang sama, menyusut dari 2,7% menjadi 1,3%. Selama periode yang sama, ekonomi Kong juga menyusut 9,0% menjadi 3,4%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *