Cara-cara bijak mengelola keuangan keluarga saat terjadi pandemi virus corona

Penulis: Ida Puspitarini W SE MSi Ak CA, Dosen Senior IAIN Purwokerto Unsur Hingga dan Urusan Islam

Salah satu efek pandemi ekonomi keluarga Covid-19. Beberapa keluarga mengeluh bahwa manajemen keuangan mereka runtuh karena penurunan tajam pendapatan usaha mereka.

Terutama pada kegiatan tertentu yang perlu diselesaikan di rumah, seperti homeschooling untuk anak. Untuk anak-anak, biaya tambahan mungkin diperlukan.

Jelas, kuota internet dan tagihan listrik tidak bisa dihindarkan. Belum lagi pengeluaran terkait kesehatan, seperti pembelian suplemen kesehatan, masker, dan hand sanitizer.

Berikut adalah beberapa saran yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak keuangan: -1. Jangan panik — Tetap tenang dalam situasi ini agar kita dapat berpikir jernih. Keadaan panik akan menghalangi kita untuk menemukan jalan keluar, atau bahkan melakukan pembelian dengan panik, yang selanjutnya akan meningkatkan pengeluaran rumah tangga.

Dengan pemikiran yang jernih, kita dapat membuat kita lebih kreatif dengan secara inovatif mencoba bisnis baru dengan filosofi bisnis. Diharapkan dapat memberikan harapan akan sumber pendapatan baru.

2. Kaji sumber penghasilan Anda

Kasus Covid-19 di Indonesia masih tergolong tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *