Anwar Budiman, antara keadilan dan kepastian hukum

JAKARTA TRIBUNNEWS.COM – Masalah mana yang menempati urutan pertama, apakah itu kepastian hukum atau peradilan, seperti masalah mana yang menempati urutan pertama, apakah itu ayam atau telur.

Hanya dengan mengonfirmasi bahwa telur itu adalah telur, kita dapat memastikan bahwa telur itu adalah telur pertama yang ada, dan kemudian telur itu akan muncul. Membandingkan kepastian dengan ayam, maka polisi biasa di Indonesia lebih memilih untuk memprioritaskan kepastian hukum daripada keadilan.

Tapi MH MM tidak bersama Dr. Anwar Budiman. Pengacara yang mencolok itu tampaknya menentang pendekatan ini.

Anwar menempatkan keadilan di atas kepastian hukum. Keadilan tidak hanya keadilan apa pun, tetapi keadilan berdasarkan Pancasila.

“Kami tahu bahwa keadilan sangat mahal. Indonesia saat ini lebih memilih kepastian hukum. Saya ingin mengundang lembaga penegak hukum lainnya untuk membangun dan menegakkan keadilan, karena kami adalah negara yang hebat, negara dengan Pancasila dalam ideologinya. Keadilan Casilla jauh lebih humanistik dan mewah daripada kepastian hukum dan kepraktisannya, “kata Anwar Budiman di Jakarta, Sabtu (27 Juni 2020). -Reading: Surat Edaran Kejaksaan Agung tentang Covid-19 memberikan kepastian hukum

Menurut UU No. 18 tahun 2003 (UU), jaksa, pembela atau pembela memang orang yang bertanggung jawab atas penegakan hukum di kepolisian Indonesia. Satu, jaksa dan hakim.

Keempatnya adalah lembaga penegak hukum, yang disebut “Dinasti Catur”. Anwar menekankan bahwa dia berharap rekan penegak hukum lainnya akan menggandakan upaya mereka untuk menciptakan keadilan, bukan hanya mencari kepastian hukum.

“Keadilan adalah hal yang paling penting. Selama keadilan lahir, Tuhan akan berkehendak, dan kepastian hukum dan efektivitasnya akan mengikuti.” Pengamat ketenagakerjaan dan pengamat kebijakan publik menekankan bahwa mereka juga bertanggung jawab untuk menahan diri. Kursus hukum Sekolah Hukum Risnadvipayana, Universitas Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *