Perdagangan timah yang unik dan kedaulatan Indonesia

Penulis: Yoga Duwarto

TRIBUNNEWS.COM- mengapa memperebutkan kedaulatan negara adalah yang terpenting?

Tentu saja sebagaimana dikemukakan Pancasila dan UUD 1945, tidak lepas dari tujuan perjuangan karena kesejahteraan rakyatnya. Terkait hal tersebut, semua produk sumber daya alam dikelola dan diproduksi pada tahap ini.

Seberapa jauh manajer nasional telah mencapai tujuan mulia ini? Setelah membaca artikel tentang kondisi perdagangan timah Indonesia, Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), pandemi virus Covid -19, ditetapkan klausulnya sesuai dengan kebijakan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pada Agustus 2013. -Baca: Pengamat: Pertukaran timah bipolar membingungkan pembeli-tujuannya agar Indonesia, produsen timah terbesar kedua di dunia, bisa menentukan harga timah dunia.

“Tentu saja!” Komedian Pak Ndhu (Pak Ndhu) mungkin berkata. Ya tentu saja hal tersebut wajar bagi negara dengan kaleng timah terbesar kedua di dunia ini. Karena kita memiliki kemampuan untuk menghasilkan produk yang digunakan untuk mengolah sumber daya alam terutama produk timah, begitu bagus dan berat, jika semuanya tidak berguna, karena harganya sangat murah, tidak ada untung atau bahkan tidak ada untung, hasilnya tidak terlalu besar. Manfaatnya ini merugikan semua orang, yaitu seluruh rakyat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *